Seperti Apa Bedanya Rumah Sendiri Vs. Rumah Kontrakan

Bagi Anda yang sedang berfikir untuk memilih tempat tinggal, pasti terlintas pikiran tentang apa bedanya tinggal di rumah sendiri dan mengontrak. Bila dipikir secara fungsinya semuanya sama, rumah sebagai tempat tinggal namun keduanya sangat berbeda dari segi kenyamanan dan prospek ke depannya. Untuk Anda yang sedang bingung dan bimbang memilih mengontrak atau memiliki rumah sendiri, silahkan simak beberapa perbedaannya.


Perbedaan Rumah Sendiri Dan Rumah Kontrakan

1. Mengatur rumah

Jika Anda tinggal di kontrakan, Anda tidak memiliki hak penuh dalam mengatur rumah karena itu bukan milik Anda. Biasanya para pemilik kontrakan juga memberikan beberapa peraturan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama tinggal di kontrakannya. Salah satunya mungkin tidak diperbolehkan merubah tata letak dari apa yang ada di kontrakan.

Berbeda halnya jika Anda tinggal di rumah sendiri, Anda bisa mengatur rumah sesuai dengan keinginan Anda. Menciptakan rasa nyaman di dalam rumah adalah sesuatu yang penting karena akan berhubungan dengan perasaan dan juga mood dari orang yang tinggal di dalamnya.


2. Merasa tidak nyaman dengan aturan yang diberikan

Di kontrakan, biasanya pemilik rumah akan memberikan beberapa peraturan yang harus dipatuhi sehingga itu membuat tidak nyaman untuk orang yang menempati. Hal itu tidak akan Anda dapati jika Anda tinggal di rumah sendiri karena hak sepenuhnya berada di tangan Anda.

3. Tidak bisa merenovasi sesuai dengan keinginan

Bila Anda tinggal di rumah kontrakan tentu saja Anda tidak memiliki hak untuk merenovasi rumah sesuai dengan keinginan. Selain itu bila Anda melakukan pembenahan rumah juga cukup memberatkan karena dana yang Anda gunakan cukup banyak namun rumah tersebut bukan milik Anda. Bila Anda memiliki rumah sendiri dan ingin merenovasinya, tentu saja Anda akan mantap melakukannya karena milik Anda sendiri dan nantinya akan menjadi investasi Anda.

4. Biaya sewa

Saat tinggal di kontrakan pasti Anda tidak akan lepas dari biaya kontrakan yang dari waktu ke waktu akan semakin meningkat harganya. Apalagi bila rumah yang Anda tempati tersebut terletak di daerah yang strategis, pasti harga sewanya akan terus melambung.

Hal ini pasti juga menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan dan mau tidak mau Anda harus bekerja lebih keras untuk dapat membayarnya. Bila Anda memiliki rumah sendiri, memang membutuhkan banyak uang dalam membelinya tetapi uang yang dikeluarkan nantinya juga akan menjadi hak dan investasi Anda sendiri di masa depan.

5. Tidak memiliki asset

Dengan memiliki rumah sendiri walaupun harus dengan cara mencicil, Anda akan memiliki aset dan bisa dijadikan investasi di masa depan. Selain itu Anda juga bisa mewariskannya untuk anak-anak Anda atau menjadikannya sebagai ladang bisnis yang bisa menambah penghasilan.

Lain halnya bila Anda hanya menyewa rumah, uang yang dikeluarkan setiap bulan tidak akan bisa menjadi investasi di masa depan. Anda tidak memiliki hak apapun untuk memiliki rumah tersebut karena hanya sebagai penyewa saja. Uang yang Anda gunakan tidak bisa menjadi investasi di masa depan.

Nah, itulah beberapa perbedaan rumah sendiri dan rumah kontrakan. Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal diatas berdasarkan kemampuan dan keinginan Anda. Jika Anda rasa mengontrak nyaman dan pilihan terbaik dibanding memaksakan keinginan untuk membeli rumah, itu bukan hal yang salah juga. Hal ini juga lebih baik daripada Anda harus terjebak dalam hutang dan cicilan yang memberatkan pikiran Anda dalam menjalani hidup. Semua keputusan kembali ke tangan Anda masing-masing.