Jangan Nekat Ambil KPR Sebelum Kamu Siap dan Jangan Terjerumus Hutang!

Di zaman sekarang ini, memiliki sebuah hunian bukanlah perkara yang sulit. Saat ini sudah banyak berbagai macam bank maupun pengembang properti atau property developer yang menawarkan program KPR. KPR sendiri merupakan sebuah sistem penawaran Kredit Kepemilikan Rumah yang berlaku untuk masyarakat luas. Dengan sistem KPR ini, kamu bisa memiliki sebuah hunian tetap meskipun belum memiliki tabungan yang cukup untuk membeli sebuah rumah secara cash.

Dalam mengajukan KPR, kamu tidak boleh main-main. Jika belum mampu atau siap dalam melakukan KPR maka urungkan niatmu dulu. Jangan sampai kamu malah terlilit hutang. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena di sini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum mengajukan KPR.


Tips Yang Dilakukan Sebelum Mengajukan KPR Agar Tidak Dililit Hutang

Berikut beberapa hal atau tips yang perlu diperhatikan sebelum pengajuan untuk KPR, antara lain:

Mempersiapkan dokumen lengkap

Dalam pengajuan KPR, kamu membutuhkan dokumen yang lengkap. Usahakan untuk melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan secara yang lengkap. Jangan sampai memanipulasinya karena hal tersebut dapat membuat track record kamu buruk. Untuk memuluskan pengajuan KPR, pastikan kamu tidak memiliki hutang atau tanggungan di bank, sehingga pengajuan KPR di bank pun akan lebih cepat dan mudah.

Memahami prosedur pembayaran KPR

Sebelum mengajukan KPR, kamu sendiri pun harus memahami dengan baik kondisi finansial diri sendiri. Mengajukan KPR maka sama artinya bahwa kamu sudah berkomitmen untuk melunasi pembayaran rumah tersebut. Tidak hanya angsuran pembayaran, dalam sistem KPR ada pula istilah yang disebut dengan down payment atau biaya-biaya lain seperti uang muka dan lainnya. Kamu pun harus memahaminya dengan sangat baik agar tidak bingung dan rugi nantinya.

Memiliki strategi pengajuan KPR 

Jika niat kamu sudah bulat untuk mengajukan KPR, maka kini saatnya kamu untuk memasang strategi pengajuan. Untuk mendapatkan perbandingan harga dan diskon, kamu sebaiknya tidak hanya terpaku pada hanya satu bank saja. Untuk mendapatkan permohonan KPR terbaik dan menguntungkan, kamu pun harus bisa membandingkan fasilitas tawaran KPR yang disediakan oleh bank satu dengan yang lain.

Mempertimbangkan reputasi developer atau pihak pengembang properti 

Dalam mengajukan KPR, jangan mudah tergiur dan terburu-buru untuk memilih property developer. Sebab, pada umumnya hal ini menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan beberapa orang mendapatkan banyak resiko dan kerugian besar selama KPR. Dalam memutuskan pengambilan KPR, pastikan bahwa kamu sudah memilih developer yang memiliki reputasi baik, yang mana memiliki tanggungjawab yang tinggi dan kinerja yang terpercaya.

Jangan melakukan pembayaran DP sebelum KPR disetujui 

Meskipun kamu sudah berhasil menemukan developer yang baik, kamu pun tidak boleh terburu-buru untuk membayar DP. Sebaiknya, sebelum KPR belum disetujui oleh pihak bank, kamu tidak mengeluarkan uang sepersen pun ke pihak developer. Yang perlu diingat ialah jangan membayar DP sebelum adanya persetujuan atau adanya surat persetujuan resmi dari pihak bank yang bersangkutan.

Maka itulah 5 tips yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk mengambil KPR untuk jaminan masa depanmu. KPR memang memiliki proses yang mudah dan simple, tapi bukan berarti dapat dilakukan secara sembarangan. Kamu pun harus mengikuti prosedur yang benar agar nantinya tidak rugi atau bahkan terlilit hutang.