Tips Yang Ingin Membeli Rumah Tanpa Riba Di Tahun 2019

Membeli rumah memang bukan hal yang mudah karena dari tahun ke tahun harganya akan semakin melambung tinggi. Walaupun sekarang banyak sekali pilihan yang bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan rumah seperti KPR, namun tidak semua orang tertarik. Salah satu hal yang mendasarinya karena di dalam proses KPR tersebut terdapat dosa riba yang sangat mengerikan.


Bagi Anda yang seorang muslim, praktek riba tersebut layaknya menantang perang sang pencipta. Terbayang bukan betapa mengerikannya riba? Selain itu proses cicilannya yang berbunga dan bisa saja terus naik bunganya dari tahun ke tahun akan sangat memberatkan. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah tanpa riba, beberapa tips berikut ini dapat menjadi solusinya.

1. Mencicil rumah

Anda tetap dapat mencicil rumah tanpa terjebak dosa riba dengan cara memilih pengembang yang menawarkan rumah tanpa cicilan di bank. Misalnya saja melalui Developer Property Syariah Indonesia (DPSI) yang menyediakan properti dan dapat dicicil tanpa perantara bank. Di sini akadnya lebih jelas dan tidak menggunakan sistem bunga karena Anda mencicilnya langsung ke developer.

Jangka waktu cicilannya juga mirip dengan di bank yaitu berkisar 10 hingga 15 tahun. Solusi yang sangat nyaman dan menguntungkan bukan? Namun jangan lupa untuk teliti dalam memilih developernya. Carilah developer yang memiliki kredibilitas yang bagus agar Anda tidak merasa kecewa.


2. KPR Syariah

Bila di bank konvensional sudah jelas hukumnya riba, sebagai salah satu solusinya Anda bisa memilih KPR syariah. Akad pada sistem ini lebih jelas dan tidak mengandung unsur riba seperti akad jual beli atau murabahah. Selain itu, ada juga akad lain seperti sewa beli atau ijarah muntahia bittamlik. Pilihan lainnya yang juga direkomendasikan adalah akad kepemilikan bertahap atau musyarakah mutanaqisah dan juga akad istishna layaknya kita melakukan pembiayaan rumah secara inden.

3. Menggunakan skema pembelian rumah secara bertahap

Untuk menghindari riba Anda dapat membelinya dengan cara tunai bertahap. Sebagai contohnya saat Anda ingin membeli rumah seharga 200 juta dan Anda sudah sepakat untuk membelinya secara bertahap selama kurun waktu 24 bulan. Dengan begitu, setiap bulannya Anda harus dan wajib membayarkan uang 8,3 juta sebagai konsekuensinya. Skema ini mirip seperti model cicilan namun tanpa bunga dan periodenya lebih pendek. Model pembelian rumah semacam ini sedang banyak ditawarkan untuk menghindarkan diri dari riba.

4. Membeli cash

Bagi Anda yang sudah memiliki banyak uang, tidak usah ragu lagi untuk membeli rumah dengan metode cash. Ini merupakan impian setiap orang yang tidak semuanya bisa melakukannya karena harga rumah yang sangat mahal. Bila Anda sudah mantap membeli rumah dengan cara cash, sesuaikan dengan bugdet yang ada. Pilihlah juga lokasi yang sesuai dengan keinginan sehingga dapat tinggal disitu dengan nyaman.

Bila Anda belum memiliki uang cash yang mencukupi, jangan bersedih. Masih ada banyak cara lain untuk memiliki rumah sendiri dengan cara investasi terlebih dahulu. Anda bisa memulai investasi dengan reksadana syariah, investasi emas dan lain sebagainya.

5. Menjadi sales atau agen perumahan

Mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui bila Anda menjadi agen atau sales perumahan Anda akan mendapatkan bonus yang cukup menggiurkan. Kesempatan ini bisa Anda ambil untuk modal mendapatkan rumah impian. Biasanya setiap rumah yang terjual akan diberi 3% dari harga rumahnya sebagai jasanya. Selain itu ada juga developer yang memberikan bonus rumah saat bisa menjualkan beberapa unit perumahan sesuai dengan kesepakatan.

Ternyata masih ada banyak jalan yang terbuka untuk Anda mendapatkan rumah tanpa riba bukan? Jangan pernah putus asa dalam mencari jalan menuju ridhoNya. Jangan sampai apa yang kita miliki dan menjadi merupakan titipanNya didapatkan dari cara yang mendekatkan kita terhadap dosa besar.